Press "Enter" to skip to content

4 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Kredit Kendaraan DP Motor Murah

Ada banyak alasan yang membuat masyarakat Indonesia cenderung lebih senang membeli motor secara kredit dibandingkan dengan tunai. Meskipun pada dasarnya mereka memiliki uang dalam jumlah yang cukup untuk pembelian secara tunai. Bisa dikarenakan ingin menggunakan uang tersebut untuk kepentingan yang lain terlebih dahulu, atau mungkin dengan sistem kredit ini akan membuat mereka bisa mengatur keuangan secara lebih sehat, karena masih ada tanggungan yang harus dibayarkan. Bahkan sekarang ini ada banyak sekali fasilitas menguntungkan yang ditawarkan dengan sistem pembelian ini, seperti DP motor murah.

 

Dengan budget yang sangat terbatas, namun konsumen bisa tetap membawa pulang kendaraan tersebut, sisa hutangnya bisa dibayar secara angsuran, tentunya jadi jauh lebih ringan bukan tunggangan yang Anda miliki. Namun hendaknya hindari beberapa kesalahan ini jika ingin membeli motor dengan sistem kredit sehingga nantinya tidak rugi, yaitu:

 

  1. Bayar DP dengan nominal yang terlalu kecil, memang ada banyak sekali tawaran DP motor murah, namun patut untuk diketahui juga bahwa kenyataannya semakin kecil nilai uang muka yang dibayarkan, maka jumlah hutang yang ditanggung tentunya akan semakin besar, hal ini tentu akan sangat mempengaruhi pembayaran cicilan Anda kedepannya. Jadi seminimal mungkin bayar uang muka 30 persen dari harga asli kendaraan tersebut, sehingga tidak terlalu membebani di akhir.
  2. Menggunakan uang hasil pinjaman untuk membayar cicilan, kesalahan lain yang sering kali tidak disadari oleh debitur adalah mereka memakai uang hasil kredit atau pinjaman dari lembaga yang lainnya membayar kredit atau bahkan uang mukanya. Meskipun tidak menjadi masalah, namun debitur akan merasa dirugikan beberapa waktu setelahnya, dimana Anda harus menanggung 2 jenis hutang yang sifatnya adalah produktif.
  3. Memilih tenor yang pendek, sebenarnya bukan masalah ingin ambil tenor panjang atau pendek, dengan tenor pendek mungkin pertimbangannya adalah hutang bisa lunas secara lebih cepat dari yang seharusnya. Namun ketahui juga bawa tenor pendek akan membuat nilai cicilan yang harus dibayarkan menjadi semakin tinggi, takutnya jika tidak kuat membayar cicilan maka hanya akan menumpuk denda.
  4. Salah dalam memilih lembaga pembiayaan atau leasing, belakangan ini memang kian marak diantara lembaga-lembaga pembiayaan yang menawarkan bantuan dalam kredit motor idaman Anda. Namun ketahui juga bahwa jika seandainya Anda salah dalam memilih leasing tentu akan sangat rugi, karena nominal suku bunga yang dibayarkan menjadi besar, bahkan mungkin akan sulit untuk mendapatkan BPKB kembali meskipun hutang telah lunas.

 

Jadi jangan sembarangan dalam membayar DP motor murah untuk kredit kendaraan idaman Anda. Kini pembelian kendaraan secara kredit bisa dilakukan lebih mudah online, diantaranya adalah lewat Moladin.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *