Valentine merupakan hari perayaan kasih sayang yang dirayakan hampir disetiap negara di dunia. Hari kasih sayang ini dirayakan setiap tanggal 14 Februari secara serentak. Kebiasaan ini selalu dirayakan oleh masyarakat dunia setiap tahunnya dalam bentuk yang beragam. Mulai dari pemberian coklat hingga perayaan makan malam secara bersama – sama.

Kegiatan perayaan Valentine biasanya dirayakan dengan banyaknya ornamen berwarna pinkish yang menghiasi seluruh sudut kota bahkan pusat perbelanjaan. Dimana kegiatan perayaan Valentine banyak dihabiskan dengan orang terkasih baik pacar, pasangan hingga keluarga dengan caranya masing – masing. Pada beberapa negara, kegiatan ini dilakukan dengan beragam tradisi kegiatan. Mulai dari surat menyurat hingga berbagai kegiatan lainnya. Berikut merupakan tradisi Valentine di beberapa negara dunia :

1.    United Kingdom – Memberikan bunga mawar

United Kingdom merayakan kegiatan hari kasih sayang dengan memberikan mawar kepada pasangan mereka. Kegiatan ini didasarkan kepada bunga kesukaan Dewi Venus yang merupakan Goddess of Love. Kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya dan di United Kingdom dilarang untuk memberikan card saat hari kasih sayang karena akan memberikan pertanda buruk.

2.    Wales – Memberikan sendok dengan ukiran

Hari kasih sayang di Wales dirayakan setiap tanggal 25 Januari dengan nama St.Dwynwen’s Day. Dimana St. Dwynwen sendiri merupakan seorang yang digambarkan sebagai lambing cinta di Wales. St.Dwynwen sendiri menghabiskan hari kasih sayang dengan memberikan sendok yang telah diukir selama perjalanan melautnya. Dimana hak tersebut diteruskan oleh masyarakatnya.

3.    Jepang – Membuat coklat homemade

Memberikan coklat untuk Valentine merupakan hal yang biasa dilakukan selama Valentine berlangsung. Kegiatan ini dilakukan juga oleh masyarakat jepang selama hari Valentine. Bedanya, coklat untuk Valentine yang diberikan merupakan buatan tangan mereka sendiri. Dimana pada hari kasih sayang ini, para wanita akan memberikan kekasihnya cokelat buatan mereka sendiri. Sedangkan sang lelaki akan membalasnya dengan memberikan coklat putih pada hari White Day di tanggal 14 Maret.

4.    Korea Selatan – Black Day

Kegiatan Valentine di Korea Selatan sama seperti di Jepang dimana cokelat untuk Valentine diberikan sang wanita kepada pasangannya di hari Valentine. Sang pria akan memberikan cokelat untuk Valentine kepada wanitanya di White Day dengan coklat putih. Namun, di Korea Selatan terdapat satu hari yang berbeda bernama Black Day. Ini merupakan hari kasih sayang para single yang dirayakan bersama teman – teman mereka seharian dengan makan mie dan melakukan berbagai kegiatan yang dirayakan tanggal 14 April.

5.    Bulgaria – Membuat anggur  

Kegiatan Valentine’s Day dirayakan oleh orang Bulgaria dengan meracik anggur maupun menghabiskan malam dengan meneguk anggur bersama pasangan mereka. Dimana kegiatan ini dilakukan menggunakan anggur buatan masyarakat setempat. Sehingga hari Valentine di Bulgaria memiliki nama lain Day of Winemakers.

Kelima kegiatan diatas merupakan kegiatan menghabiskan hari kasih sayang bersama dengan orang terkasih mereka. Dimana kegiatan ini banyak dirayakan oleh masyarakat sebagai bukti loyalitas mereka dan rasa sayang mereka kepada pasangan mereka. Dengan memberikan coklat maupun berbagai kegiatan yang mendukung kegiatan tersebut, maka mereka akan merasa pasangan mereka mencintai mereka apa adanya. Bahkan ketika tidak memiliki pasangan, mereka akan merayakan hari kasih sayang mereka dengan teman maupun keluarga.

Kegiatan memberi cokelat untuk Valentine lebih banyak dilakukan dimanapun. Bahkan masyarakat dunia sebagai lambang cinta. Maka tak heran menjelang kegiatan perayaan ini, cokelat untuk Valentine banyak dijualkan di supermarket terdekat.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

gaming chair under 100