Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi?

Selama 6 bulan sejak dilahirkan, bayi akan menjalani namanya ASI eksklusif. Setelah itu bayi biasanya akan dikenalkan dengan susu sapi atau susu formula. Sebagai ibu yang baik, Anda pastinya tidak akan memberikan secara setengah – setengah apa yang terbaik untuk buah hati tercinta. Tentu saja susu yang dipilih adalah susu terbaik dengan kualitas yang tidak diragukan lagi. Memiliki kandungan gizi yang lengkap untuk penuhi kebutuhan si kecil sehari – hari. Tapi sangat disayangkan sekali ternyata tidak semua susu sapi atau susu formula cocok dengan bayi Anda. Ada kalanya ia alami yang alergi akibat susu yang dikonsumsinya. Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami informasikan kepada Anda seputar cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi.

Namun demikian, sebelum Anda mengetahui cara mengatasi alergi susu sapi yang dialami oleh si kecil, lebih baik ketahui terlebih dulu tanda bayi alergi susu sapi. Tanda yang paling umum terjadi adalah kulit yang menjadi gatal, kemerahan, hingga bengkak. Kulit bayi bisa menjadi sangat sensitif sekali, dan tidak jarang pula ditemukan bintik – bintik atau bisul yang ada di sekitar area mulut, pipi, dan telinga. Selain itu, kerak juga bisa saja muncul di area kulit kepala bayi.

Pada beberapa kasus lain, rasa gatal yang dialami juga menyebar hingga ke area mata, telinga, dan rambut. Umumnya kondisi yang seperti ini akan semaikin diperparah lagi dengan adanya kelenjar kepala di bagian belakang yang alami pembesaran. Lebih gampangnya, alergi terhadap susu sapi pada bayi bisa tercium dari telinganya yang kotor dan berbau lebih tajam.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi

Alergi terhadap susu sapi, atau beberapa jenis makanan yang dibuat dari bahan dasar susu sapi ini memang cukup menjengkelkan sekali. Bagaimana tidak, Anda diharuskan untuk lebih waspada lagi dalam menyajikan makanan agar memastikannya tidak mengandung bahan alergen. Namun demikian, jika alergi susu sapi ini ini sudah diderita oleh bayi Anda, maka cara mengatasi alergi berikut ini pastinya penting sekali untuk Anda ketahui.

  • Langkah pertama untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi dan anak – anak adalah dengan menghindari susu sapi atau susu formula dengan bahan dasar susu sapi. Sebagai alternatifnya Anda bisa menggantinya dengan susu lain, seperti susu kedelai atau susu Soya yang sering sekali dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk si kecil yang alergi terhadap susu sapi.
  • Selain itu jangan lupa pula untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi si kecil. Pastikan tidak ada kandungan susu sapi, atau pun kandungan serupa yang berpotensi membuat bayi Anda menderita akibat kambuhnya alergi tersebut.
  • Apabila Anda memang sudah mengkonsultasikan masalah ini ke dokter, mungkin dokter akan menyarankan Anda untuk memberikan susu formula hypoallergenic. Ini adalah sejenis susu khusus dengan protein terpecah kecil dan dapat menurunkan resiko kambuhnya alergi yang diderita si kecil.
  • Jangan lupa juga untuk memberikan makanan pada bayi Anda. Kandungan kalsium dan vitamin D adalah yang paling direkomendasikan. Kedua kandungan tersebut pada dasarnya sudah ada pada susu, tetapi tak berarti Anda tidak bisa menemukannya pada bahan makanan lain yang lebih aman bagi si kecil. Seperti ikan salmon, bayam, telur, dan brokoli.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *