HUT Ke-59 PT Pertamina Mengadakan Pemberihan Pantai di Tanjung Urban

PT Pertamina yang sedang merayakan hari jadi atau hari ulang tahunnya yang ke-59, mengadakan adanya pemberdayaan dan pembersihan di Pantai Kampung Nelayan dan di beberapa lokasi Pantai yang berbeda. Lokasi tersebut diselenggarakan di 5 Pantai secara serentak yaitu pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2016. Salah satu lokasi yang menjadi pemberdayaan dan pembersihan Pantai adalah Pantai Kampung Bugis Tanjung Uban. Pantai ini berada di provinsi Riau yang juga dihadiri oleh pemerintah daerah. Program pembersihan Pantai dilakukan oleh kurang lebih 1000 orang yang menjadi peserta. Semua peserta tersebut yang terdiri dari beberapa kalangan yaitu dari para pelajar, para warga setempat, TNI atau Polri, pekerja dari Pertamina yang telah mengikuti program ini di Pantai Kampung Bugis. Semuanya sangat bersemangat bersama-sama membersihkan Pantai Kampung Bugis dari sampah. Seluruh peserta sangat antusias dengan adanya program ini, yaitu dengan berkumpul sangat awal di pukul 08.00 sebelum acara dimulai dan menunggu sampai pukul 10.00 untuk mengikuti acara berlangsung. Seluruh peserta juga melakukan pembersihan sambil senam atau berjoget dengan mengikuti aliran musik.

Kegiatan yang dilaksanakan di Tanjung Uban yang berada di kabupaten Bintan ini dapat menjadi bukti adanya suatu komitmen dari Pertamina untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakan nelayan yang berada di pesisir Pantai tersebut. Program pemberdayaan dan pembersihan Pantai dari banyaknya sampah ini aalah untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat semua agar tetap menjaga kelestarian lingkungan dimanapun berada. Tidak hanya dalam pembersihan saja, program lainnya seperti penanaman pohon di sekitar pesisir Pantai, khususnya di hutan mangrove Kampung Bugis ini. Hebohnya adalah pemerintah daerah juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan juga ikut serta dalam pembersihan dan penanaman pohon kembali di sekitar pesisir Pantai Kampung Bugis. Setelah sudah melakukan program pembersihan secara bersama, ada juga bantuan dari Pertamina melalui CSR untuk masyarakat bersama pula. Bantuan ini berupa adanya layanan kesehatan yang melayani pengobatan secara gratis untuk 500 orang banyaknya. Tidak hanya itu, adapun bantuan untuk para anak yatim yang kurang lebih 59 anak yatim. Bahkan kegiatan ini juga dimeriahkan oleh adanya pameran, yang terdapat banyak kerajinan yang dibuat dari hasil warga sekitar Kampung Bugis, dan dapat juga diperjual belikan bagi yang membutuhkan.

Dengan adanya antusian dari warga sekitar Tanjung Uban ini, diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh masyarakat di Indonesia supaya tetap menjaga kebersihan lingkungan dan terus menjaga kebersihan Pantai dimanapun itu agar tetap terlihat indah. Tidak hanya untuk para warga sekitar yang menjadi tempat pemberdayaan dan pembersihan saja yang patut melakukan kesadaran peduli lingkungan ini. Ini merupakan suatu contoh untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *