Menikmati Liburan di Parapat, Sumatera Utara

Kita tentu sudah tidak asing lagi mendenga rnama Danau Toba, apalagi dengan cerita-cerita rakyat yang berhubungan dengan danau tersebut. Tidak Cuma cerita rakyat, seorang penulis wanita terkenal Dewi Lestari pun menulis beberapa adegan pentingnya dalam serial bersambung Supernova: Gelombang, yang terbit pada tahun 2015 lalu.

Danau toba atau toba lake memiliki sebuah pulau di tengah-tengahnya bernama pulau Samosir, pulau Samosir ini meski pun kecil tapi luasnya tak disangka luasnya hampir sama dengan Singapura. Masyarakat setempat, suku batak yang tinggal di sekitar danau toba juga bernama seperti danau tersebut yakni suku batak toba.

Danau Toba adalah salah satu danau istimewa di dunia yang terdapat di Indonesia, selain karena danau ini memiliki kawah juga merupakan danau terbesar di dunia setelah danau Victoria yang terdapat di benuaAfrika.

Banyak diantara kita yang sering menonton lalulalang danau ini di acara televise dan merasa akrab sedari sekolah dasar dengan danau ini tapi justru belum memiliki kesempatan untuk berkunjung secara langsung dan menikmati keindahan panorama danau dan sekitarnya. Sehingga mungkin kita belum tahu bahwa danau ini tidak terletak di kota Medan, tetapi justru di Parapat. Parapat adalah salah satu kelurahan yang terletak di wilayah kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Parapat dapat kita capai melalui perjalanan darat dari kota Medan selama 4 hingga 5 jam. Tidak perlu kebingungan mencari pilihan hotel di Parapat, bahkan kalau kita ingin menginap di sekitar Danau Toba sambil menikmati keindahan danaunya pun bisa. Ada Pandu Lakeside Hotel Parapat dan Danau Toba International Cottage Parapat contohnya hotel yang bisa kita booking pada situs Traveloka.com dengan view yang menyajikan kecantikan Danau Toba.

Selain Danau Toba dan Pulau Samosir, apalagi yang dapat kita kunjungi di Parapat? Berikut ini beberapa tempat yang dapat menjadi referesi :

  1. Pulau Sibandang

pulau-sibandangSumber Gambar: satujam.com

Kita pasti sudah sangat familiar dengan nama Pulau Samosir, namun tahukah kita bahwa ada pulau lain yang terdapat di Danau Toba? Pulau tersebut bernama Pulau Sibandang. Pulau Sibandang ini dikelilingi oleh perairan dari air Danau Toba, letaknya lebih kepinggir danau sehingga kita bisa mencapainya dengan menyewa kapal menuju kesana. Sekalipun terletak di dalam area danau namun pulau ini berada dalam wilayah kecamatan Muara Tapanuli Utara.

  1. Rumah tempat Bung Karno diasingkan

Terdapat sebuah rumah yang dindingnya dicat dengan putih dalam arsitektur bergaya kuno ala bangunan khas Eropa jaman dulu yang letaknya tidakjauhdariDanau Toba. Rumah tersebut adalah rumah tokoh proklamator sekaligus presiden Indonesia yang pertama : Bung Karno. Rumah tersebut ditempati Bung Karno saat sedang berada dalam pengasingan pada jaman penjajahan Belanda puluhan tahun lalu. Rumah tersebut masih terawatt dengan baik dan menjadi objek wisata sejarah setempat.

  1. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit adalah objek wisata yang terdapat di Pulau Samosir, jika kita berkunjung ke Pulau Samosir sungguh saying untuk melewatkan tempat yang satu ini. Pusuk Buhit ini adalah daerah perbukitan yang kental akan cerita rakyat setempat. Mula Jadi nabolona tau asal mula nenek moyang orang Batak diceritakan berasal daritempat ini.Sekitar tempat ini juga masih kental oleh adat istiadat suku Bataksetempat, karena itu jika kita berkesampatan untuk berada di Pulau Samosir tempat ini sangat layak untuk dikunjungi.

4. Pantai Lumban Silintong Balige

pusuk-buhit

Sumber Gambar: infolikeyou.blogspot.co.id

Ingin menikmati danau toba seutuhnya sebagai objek wisata perairan yang nyaman dinikmati pemandangannya sekaligus seru untuk berenang dan olahraga air lainnya? Cobalah untuk mampir ke Pantai Lumban Silitong Balige. Meskipun namany apantai, tapi tempat ini masih menyatu dengan Danau Toba. Area tepian yang kedalamannya lebih rendah menyebabkan tempat inia dalah lokasi ideal untuk berenang, anak-anak yang tinggal di sekitar tempat ini pun sering menghabiskan waktu untuk berenang dan menyelam disini. Kafe dan resto juga bisa kita temukan banyak di dekat Lumban Silitong. Ketika senja, keindahan tepian danau dan lampu-lampu dari kafe dan rumah makan yang dibiaskan air danau menimbulkan kesan romantis.

pantai-lumban-silintong-baligeSumber Gambar:traveling-kiancantik.blogspot.com

Menarik bukan? Yuk, siapkan waktu dan budget liburan kita untuk mengunjungi Parapat Sumatera Utara!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *