Tak Ingin Kena Kanker Lambung? Kenali Kebiasaan Buruk Berikut yang Bisa Menjadi Penyebabnya!

Kanker merupakan penyakit kronis yang bisa dikatakan sangat ditakuti oleh manusia. Pasalnya meski sudah ditemukan beberapa jenis pengobatan untuk mengobati kanker, namun penyakit ini tetap berpotensi mengambil nyawa karena sulit dideteksi di stadium awal. Kanker sendiri memiliki banyak jenis tergantung di organ mana ia ditemukan. Salah satu jenis kanker yang sulit dideteksi di fase awal karena gejalanya yang samar adalah kanker lambung atau gastric cancer. Kanker ini memutasi sel lambung menjadi sel abnormal yang mencegah lambung melakukan fungsi yang seharusnya.

Gastric cancer bukan tanpa gejala, namun di stadium awal, gejala yang ditunjukkan sering dianggap sebagai gejala sakit maag biasa sehingga tidak mendapatkan penanganan dengan semestinya. Karena itu, gastric cancer bertahan hingga ke stadium akhir barulah seseorang mendapati gejala yang lebih parah hingga ditemukan penyebab yang sebenarnya. Tindakan operasi bisa dilakukan untuk mengobati gastric cancer ini yaitu dengan mengambil sel kanker sebanyak-banyaknya. Namun tindakan ini juga bisa mengakibatkan penderita mengalami cacat terutama pada kemampuan ia mencerna makanan. Tindakan lain adalah dengan melakukan kemoterapi dan radiasi.

Siapapun pasti tak ingin terkena kanker apapun jenisnya termasuk gastric kanker. Karena itu tindakan pencegahan perlu dilakukan sejak dini agar tidak memiliki resiko-resiko tinggi terkena gastric cancer. Untuk bisa melakukan pencegahan, berikut ini adalah kebiasaan buruk orang-orang yang berpotensi menyebabkan gastric cancer sehingga harus Anda hindari sedini mungkin:

  1. Konsumsi alkohol.

Alkohol merupakan racun untuk organ pencernaan. Semakin sering Anda mengkonsumsinya maka semakin banyak resiko gangguan kesehatan yang bisa terjadi termasuk kanker lambung. Resiko terkena gastric cancer akan meningkat pada orang yang setiap harinya mengkonsumsi alkohol.

  1. Sering mengkonsumsi daging olahan.

Daging adalah makanan yang kaya akan protein hewani. Akan tetapi daging yang sudah diolah sebelumnya dengan penambahan garam dalam jumlah tinggi atau yang mengalami proses pengasapan, justru mempertinggi resiko seseorang terkena gastric cancer jika terlalu sering mengkonsumsinya.

  1. Obesitas.

Pemilik berat tubuh yang berlebih juga lebih rentan terkena kanker ini. Karena itu selalu perhatikan berat tubuh dan konsumsi makanan Anda sehari-hari agar tak terjadi penumpukan lemak dan kolesterol.

  1. Merokok.

Rokok juga merupakan racun yang sedikit demi sedikit mampu mengubah sel sehat menjadi sel abnormal termasuk menyebabkan gastric cancer.

Selain dari kebiasaan dan pola hidup di atas, gastric cancer juga bisa terjadi pada orang yang memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan lainnya terlepas dari gaya hidup yang dijalani. Berikut ini adalah mereka yang lebih beresiko terkena gastric cancer:

  • Berjenis kelamin pria.
  • Terkena infeksi virus Epstein-Barr.
  • Pernah mengalami operasi di bagian perut terutama lambung.
  • Memiliki riwayat penyakit polip perut.
  • Mengalami anemia.
  • Merupakan pekerja di industri logam atau batu bara.
  • Memiliki keluarga yang pernah terkena gastric cancer.

Nah, bagi Anda yang tak ingin terkena kanker lambung, hindari kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan resiko terkena sel kanker tersebut apalagi jika Anda sudah termasuk dalam golongan resiko tinggi. Selalu jaga konsumsi makanan sehari-hari agar memenuhi kebutuhan nutrisi dengan cara pengolahan yang juga sehat. Jangan segan berkonsultasi dengan dokter jika Anda sering terkena gangguan penyakit maag terutama yang disertai nyeri di perut secara konsisten dan menurunnya berat badan secara drastis akibat tak adanya nafsu makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *