Wisata Bali Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu unggulan wisata Bali berupa Pura Tepi pantai yang terkenal karena keindahan pemandangan saat Matahari terbenam. Keunikan Pura Tanah Lot karena Pura berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang tidak dapat mendekati Pura Tanah Lot karena karang penyangga digenangi air laut, saat air laut surut di dalam area Pura terlihat ular laut yang dapat di lihat dari dekat dan di sentuh.

Keunikan objek wisata Bali di Pura Tanah lot.

Menurut legenda mayarakat Bali, Pura Tanah Lot dibangun oleh Brahmana yang bernama Dang Hyang Nirartha merupakan pendeta hindu yang berasal dari Jawa Timur. Beliau dengan kekuatannya mampu memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura di atas bongkahan batu tersebut. Dulunya pura ini tidak berada diluar pantai, tapi karena abrasi lama kelamaan menjadi seakan menjadi pulau kecil yang merapat ke pantai. Keunikan wisata Bali Tanah Lot terdapat ular di goa dalam tebing yang diyakini sebagai jelmaan dari selendang Dang Hyang Nirartha.

Lokasi Pura Tanah Lot.

Wisata Bali Pura Tanah Lot berlokasi di pesisir selatan Bali 25 kilometer dari Kota Denpasar di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura Tanah Lot adalah Pura Hindu untuk memuja Dewa Laut atau Dewa Baruna bertujuan menjaga keselamatan dan kesejahteraan dunia serta keseimbangan antara laut dan bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *